Rabu, 24 November 2010

silabus


SILABUS


Nama Sekolah              : SMA
Mata Pelajaran             : MATEMATIKA
Kelas/Program             : XII/ BAHASA
Semester                      : 1


STANDAR KOMPETENSI:

1. Menyelesaikan masalah program linear

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

1.1.  Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel


·      Mengenal arti sistem pertidaksamaan linier dua variable
·      Menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel

Program  Linear

·     Menyatakan masalah sehari-hari ke  dalam bentuk sistem pertidaksamaan linear dengan dua peubah.
·     Menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
·     Menyatakan himpunan penylesaian pertidaksamaan linear dua variabel


Jenis Tagihan:
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


10x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain
·  Journal
·  Internet



1.2.  Merancang model matematika dari  masalah program linear


·      Mengenal masalah  yang merupakan program linier
·      Menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linier
·      Menggambar daerah fisibel dari program linier
·      Merumuskan model matematika dari masalah program linier


Model Matematika Program Linier

·     Mendiskusikan berbagai masalah program linear
·     Membahas komponen dari masalah program linear: fungsi objektif, kendala
·     Menggambarkan daerah fisibel dari program linear
·     Membuat model matematika dari suatu masalah aplikatif program linear



Jenis Tagihan:
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


15x45’


1.3.  Menyelesaikan model matematika dari  masalah program linear dan menafsirkan solusinya


§  Menentukan nilai optimum dari fungsi objektif
§  Menafsirkan solusi dari masalah program linier

Solusi Program Linier
·     Mencari penyelesaian optimum sistem pertidaksamaan linear dengan menentukan titik pojok dari daerah fisibel atau menggunakan garis selidik.
·     Menafsirkan penyelesaian dari masalah program linier.

Jenis Tagihan:
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


15x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain
·  Journal
·  Internet



STANDAR KOMPETENSI:

2. Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

2.1.  Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain


·      Mengenal  matrik persegi
·      Melakukan operasi aljabar atas dua matriks
·      Menurunkan sifat-sifat operasi matriks persegi melalui contoh
·      Mengenal invers matriks persegi



Matriks
§ Pengertian Matriks
§ Operasi dan Sifat Matriks
§ Matriks Persegi






·     Mencari data-data yang disajikan dalam bentuk baris dan kolom
·     Menyimak sajian  data dalam bentuk matriks
·     Mengenal unsur-unsur matriks
·     Mengenal pengertian ordo dan jenis matriks
·     Melakukan operasi  aljabar matriks : penjumlahan, pengurangan, perkalian dan sifat-sifatnya
·     Mengenal matriks invers melalui perkalian dua matriks persegi yang menghasilkn matriks satuan



Jenis Tagihan:
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


8x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain
·  Journal
·  Internet



2.2.  Menentukan determinan dan invers matriks    2 x 2


·      Menentukan diterminan matriks 2x2
·      Menentukan invers dari matrks 2x2





Determinan dan Invers matriks






·     Mendiskripsikan determinan suatu matriks

·  Menggunakan algoritma untuk menentukan nilai determinan matriks pada soal.
·  Menemukan rumus untuk mencari invers  dari matriks 2x2


Jenis Tagihan:
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


8x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain
·  Journal
·  Internet



2.3.  Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

·      Menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linier
·      Menyelesaian sistem persamaan linear dua variabel  dengan matriks invers

Penerapan matrik pada sistem persamaan linier

·   Menyajikan masalah  sistem persamaan linier dalam bentuk matriks
·  Menentukan invers dari matriks koefisien pada persamaan matriks
·  Menyelesaikan persamaan lmatriks dari sistem persamaan linier 2 variabel 




Jenis Tagihan:
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


10x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain
·  Journal
·  Internet











SILABUS


Nama Sekolah              : SMA
Mata Pelajaran             : MATEMATIKA
Kelas/Program             : XII / BAHASA
Semester                      : 2


STANDAR KOMPETENSI:
3  Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

3.1.  Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri











·      Menjelaskan arti barisan dan deret
·      Menemukan rumus barisan dan deret aritmatika
·      Menemukan rumus barisan dan deret geometri
·      Mengehitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri.



6      Pola Bilangan
7      Barisan Bilangan
8      Barisan dan deret Aritmatika dan Geometri













·    Mendiskusikan pola dan barisan bilangan
·    Merumuskan definisi barisan dan notasinya
·    Merumuskan  barisan aritmatika
·    Menghitung suku ke-n  barisan aritmatika
·    Merumuskan  barisan geometri
·    Menghitung suku ke-n  barisan geometri

·    Menghitung jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri
·    Mendiskusikan sisipan dari barisan aritmatika dan geometri
·    Mendiskusikan deret geometri tak hingga


Jenis Tagihan:
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


16x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain
·  Journal
·  Internet



3.2.  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya


·      Menentukan penyelesaiakan  model matematika yang berkaitan dengan deret

·      Memberikan tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh


Solusi dari masalah deret


·       Mencari penyelesaian dari model matematika yang telah diperoleh

·       Menafsirkan dari suatu masalah dengan penyelesaian yang berkaitan dengan deret barisan dan deret.



Jenis Tagihan:
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian

20x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain
·  Journal
·  Internet



Tidak ada komentar:

Posting Komentar