SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XII/ BAHASA
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Menyelesaikan masalah program linear
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
1.1. Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel | · Mengenal arti sistem pertidaksamaan linier dua variable · Menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel | Program Linear | · Menyatakan masalah sehari-hari ke dalam bentuk sistem pertidaksamaan linear dengan dua peubah. · Menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linier · Menyatakan himpunan penylesaian pertidaksamaan linear dua variabel | Jenis Tagihan: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Kuiz § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 10x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet |
1.2. Merancang model matematika dari masalah program linear | · Mengenal masalah yang merupakan program linier · Menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linier · Menggambar daerah fisibel dari program linier · Merumuskan model matematika dari masalah program linier | Model Matematika Program Linier | · Mendiskusikan berbagai masalah program linear · Membahas komponen dari masalah program linear: fungsi objektif, kendala · Menggambarkan daerah fisibel dari program linear · Membuat model matematika dari suatu masalah aplikatif program linear | Jenis Tagihan: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Kuiz § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 15x45’ | |
1.3. Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan menafsirkan solusinya | § Menentukan nilai optimum dari fungsi objektif § Menafsirkan solusi dari masalah program linier | Solusi Program Linier | · Mencari penyelesaian optimum sistem pertidaksamaan linear dengan menentukan titik pojok dari daerah fisibel atau menggunakan garis selidik. · Menafsirkan penyelesaian dari masalah program linier. | Jenis Tagihan: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Kuiz § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 15x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet |
STANDAR KOMPETENSI:
2. Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
2.1. Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain | · Mengenal matrik persegi · Melakukan operasi aljabar atas dua matriks · Menurunkan sifat-sifat operasi matriks persegi melalui contoh · Mengenal invers matriks persegi | Matriks § Pengertian Matriks § Operasi dan Sifat Matriks § Matriks Persegi | · Mencari data-data yang disajikan dalam bentuk baris dan kolom · Menyimak sajian data dalam bentuk matriks · Mengenal unsur-unsur matriks · Mengenal pengertian ordo dan jenis matriks · Melakukan operasi aljabar matriks : penjumlahan, pengurangan, perkalian dan sifat-sifatnya · Mengenal matriks invers melalui perkalian dua matriks persegi yang menghasilkn matriks satuan | Jenis Tagihan: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Kuiz § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 8x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet |
2.2. Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2 | · Menentukan diterminan matriks 2x2 · Menentukan invers dari matrks 2x2 | Determinan dan Invers matriks | · Mendiskripsikan determinan suatu matriks · Menggunakan algoritma untuk menentukan nilai determinan matriks pada soal. · Menemukan rumus untuk mencari invers dari matriks 2x2 | Jenis Tagihan: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Kuiz § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 8x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet |
2.3. Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel | · Menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linier · Menyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan matriks invers | Penerapan matrik pada sistem persamaan linier | · Menyajikan masalah sistem persamaan linier dalam bentuk matriks · Menentukan invers dari matriks koefisien pada persamaan matriks · Menyelesaikan persamaan lmatriks dari sistem persamaan linier 2 variabel | Jenis Tagihan: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Kuiz § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 10x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XII / BAHASA
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
3 Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
3.1. Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri | · Menjelaskan arti barisan dan deret · Menemukan rumus barisan dan deret aritmatika · Menemukan rumus barisan dan deret geometri · Mengehitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri. | 6 Pola Bilangan 7 Barisan Bilangan 8 Barisan dan deret Aritmatika dan Geometri | · Mendiskusikan pola dan barisan bilangan · Merumuskan definisi barisan dan notasinya · Merumuskan barisan aritmatika · Menghitung suku ke-n barisan aritmatika · Merumuskan barisan geometri · Menghitung suku ke-n barisan geometri · Menghitung jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri · Mendiskusikan sisipan dari barisan aritmatika dan geometri · Mendiskusikan deret geometri tak hingga | Jenis Tagihan: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Kuiz § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 16x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet |
3.2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya | · Menentukan penyelesaiakan model matematika yang berkaitan dengan deret · Memberikan tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh | Solusi dari masalah deret | · Mencari penyelesaian dari model matematika yang telah diperoleh · Menafsirkan dari suatu masalah dengan penyelesaian yang berkaitan dengan deret barisan dan deret. | Jenis Tagihan: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Kuiz § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 20x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar